Pages

Sabtu, 19 Februari 2011

Maafkan Diriku Ini Kawan (tentang pertemuan)


Pertemuan itu sebenarnya udah takdir kita masing-masing. Andai saja gw terlahir 10 tahun lebih lama dari tahun gw lahir so, gw ga mungkin bisa kenal sama temen2 gw sekarang, and lo ga bakal kenal gw lah (apalagi bila gw ga lahir –“) itu artinya gw bersyukur kita semua telah dipertemukan, biarpun temen2 gw kurang waras semua tapi hati mereka tak pernah menjerumuskan (yakin??). dari sekarang sampai kini gw selalu bertemu dengan orang-orang baru. Contohnya aja di lingkungan tempat tinggal gw,, gw udah tinggal disini selama kurang lebih 10 tahun,, dari gw sd sampai sekarang orang-orang disini selalu berganti (Yang dulunya tinggal disini sudah pindah lalu digantikan oleh orang baru).

Misal:
lu dulu kenal sama seorang anak yang seumuran dengan elu. seiring berjalannya waktu akhirnya nih anak pindah dari sini. Itulah yang dinamakan perpisahan, tapi  jangan lu berpikir kalau ini tidak akan membuat lu bertemu kembali dengan neh anak, lebih dalemnya lu bisa bilang ini perpisahan sementara. Perpisahan itu hanya bersifat sementara cause kita semua nanti juga akan dipertemukan kembali di hari akhir nanti.
Well kembali ke judul post yang satu ini, gw mau sharing tentang pengalaman2 gw, gw kemarin denger ceramah (khotbah) di mesjid, tentang hablum minallah dan hablum minan-nas. Kalau dimaknakan secara bahasa, hablum minallah itu adalah hubungan dengan Allah dan hablum minan-nas adalah hubungan dengan manusia. Gw mau ngebahas tentang yang dinamakan hablum minan-nas ini, soalnya banyak manusia/ malahan gw sendiri sering lupa dengan keridhaan yang harus kita dapat dari sesama manusia. Hubungan manusia dengan manusia harus mencapai  keridhaan karena hal itu akan berpengaruh baik kita sendiri maupun orang lain nanti di akhirat. Gw jadi sadar akan hal ini, gw malah teringat akan pertemuan-pertemuan gw sama orang-orang sekitar gw, apakah orang-orang yang pernah berinteraksi kepada gw  dulu, sampai sekarang, atau yang udah ga ada interaksi lagi meridhakan segala hal yang telah gw perbuat.
 
Gw ada rasa menyesal gitu sama kejadian- kejadian yang telah terlewati, seperti pertemuan2 yang gw anggap sulit untuk diulang (atau gak bisa diulang). Soalnya gw teringat kembali hal-hal yang mungkin harus gw perbuat (kewajiban) kepada orang lain.

Ini contohnya (beberapa pengalaman gw):
  1. dulu saat gw lagi ada event perkemahan. Gw kepanasan nih ceritanya, jadi cari2 jajanan yang bisa ngurangin neh panas. Well akhirnya gw nemuin seorang bibi yang jual es kero,, gw beli tuh es. Setelah itu gw ingin bayar tu es, ternyata si bibi ga ada kembalian. Akhirnya bibi itu bilang  “nanti aja bayarnya, besok bisa ketemu lagi” (rumah gw sekitar kurang lebih 100m dari tempat ini), Akhirnya gw iyakan. Setelah acara  perkemahan ini selesai gw cariin tu bibi tapi udah ga ada. Besoknya gw pergi ke sekolah n gw cariin tu bibi tapi gak ketemu, gw rasa besok mungkin ada (deh pikir gw). Besoknya lagi gw cariin tu bibi tapi gak ada, akhirnya sampai sekarang gw gak ketemu lagi sama si bibi penjual es kero tsb .  
  2. saat gw jajan di pinggir jalan, gw ada beli kayak maenan gitu (anak2 nih ceritanya --). Saat gw pulang kerumah ternyata uang kembalian tersebut lebih,, gw tunggu besok aja neh ceritanya. Besok tiba dan gw coba2 lagi ingin jajan ditempat tsb, but,, gw cari penjual  kemarin tapi udah ga ada..
  3. saat gw makan pentol (bakso) gw pernah lupa itungan ngambilnya. Yah gw bayar seingat gw lah jadinya,,  lama kelamaan gw jadi lupa akan masalah ini. Gara-gara hal ini gw jadi sulit untuk makan jajanan-jajanan kayak gini..
  4. saat gw makan-makan sama teman-teman, gw pernah di utangin makan (soalnya bayarnya langsung di total neh,,)tapi gw rada lupa ama utang yang satu ini. Gara-gara ini juga gw lebih ngingat utang gw ke orang lain daripada utang orang lain ke gw..
  5. gw sama teman2 pernah nemuin uang di depan sekolah. Kami pungut deh uang tsb, saat itu muncul niat2 untuk memakai uang itu. Alhasil uang tersebut disimpan. Setelah beberapa hari akhirnya uang tsb kami serahkan ke pihak sekolah,, tapi gw ada rasa nyesel juga,, kenapa baru sekarang nyerahin uangnya,, bagaimana dengan orang yang kehilangan uang tersebut??


Dari pengalaman gw diatas, keliatan banget kalau gw jadi contoh yang tidak baik, tapi bagi kalian semua mungkin dapat memetik hikmah dari cerita ini. Maklumlah gw juga manusia biasa, “tak luput dari kesalahan dan dosa”. Gw minta maaf dan keridhaan dari kalian semua, baik yang udah baca, maupun yang belum baca (-_-). 

Tambahan:
Semoga aja semua orang yang pernah gw temuin di atas memaafkan gw  yang satu ini dan semoga saja kalian membaca tulisan saya ini, “karena masalah diantara manusia harus diselesaikan sesama manusia juga”.

“maafkan lah diriku ini kawan,,,”
    

* ini bukan catatan kaki,, ini emosi gw sob,,

0 komentar:

Posting Komentar